6.141 Guru Diusulkan untuk Menjadi PPPK

- 10 Mei 2023, 22:18 WIB
Khofifah saat menyematkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya pada Guru di Jatim
Khofifah saat menyematkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya pada Guru di Jatim /Humas Pemprov Jatim

Wartasidoarjo.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengusulkan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi terkait kebutuhan PPPK Tahun Anggaran 2023. Formasi yang diajukan  sebanyak 6.141 PPPK Guru.

Sejauh ini, menurut data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), sisa lolos Passing Grade Guru PPPK Tahun 2021 sejumlah 8.588 telah diangkat sebanyak 2.047 orang, sehingga saat ini masih tersisa 6.141 orang Guru Lolos Passing Grade yang menunggu ketersediaan formasi atau kebutuhan.

"Kita akan tuntaskan 6.141 Guru yang Lolos Passing Grade untuk diusulkan tahun ini (2023). Semoga ini menjadi ikhtiar kita untuk memberikan kepastian status kepegawaian  kepada para Guru," kata Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Selasa (9/5/2023).

Berdasarkan Peraturan Menteri PAN RB No. 20 Tahun 2022 tentang Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah Tahun 2022 dinyatakan bahwa rekrutmen PPPK Guru dilakukan dengan mekanisme prioritas bagi Guru yang telah lolos Passing Grade pada seleksi PPPK Tahun 2021 dengan urutan Eks THK-II, Guru Honorer Negeri, Lulusan Pendidikan Profesi Guru dan Guru Honorer Swasta.

Gubernur Khofifah mengatakan, komitmen pengajuan guru menjadi PPPK ini merupakan bentuk terima kasih teruntuk para guru, pahlawan tanpa tanda jasa yang telah mengabdi dan berjuang untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa.

“Terima kasih, para guru  sudah melakukan banyak ikhtiar, membawa harum nama sekolah, Jawa Timur dan Indonesia. Betapa tidak selama 4 tahun berturut-turut sejak tahun 2020 - 2023 siswa-siswi di Jatim diterima di PTN negeri tertinggi tanpa tes diantara provinsi lain se-Indonesia,” ujarnya.***

Editor: Husni Habib


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x